Breaking News
Loading...
Rabu, 13 Maret 2013

perbedaan ikhtiar tawakal dan pasrah

16.55
  Ikhtiar secara bahasa artinya memilih. secara istilah ikhtiar adalah usaha seorang hamba untuk memperoleh apa yang di kehendakinya. orang yang berikhtiar berarti dia memilih suatu pekerjaan kemudian dia melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh agar dapat berhasil dan sukses.


Dalil-Dalil Tentang Ikhtiar

    tentang dalil ikhtiar dalam alquran

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ * سورة الرعد 11
Artinya : … Sesungguhnya allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri … ( QS. Ar-Ra’du 11 )

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ * سورة الجمعة 10
 Artinya : Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia allah dan ingatlah allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. ( QS. Al-Jumu’ah 10 )
 "tawakal" 

Arti Tawakal adalah "Bersandar"

Pengertian Tawakal adalah Sikap berserah diri kepada Allah setelah berusaha semaksimal mungkin

 tawakal berasal dari bahasa arab at tawakul yang di bentuk dari kata wakala, artinya menyerahkan, mempercayai, atau mewakilkan, bersandar kepada dinding. Jadi pengertian tawakal secara istilah adalah rasa pasrah hamba kepada allah swt yang di sertai dengan segala daya dan upaya mematuhi, setia dan menunaikan segala pertintahNya. Orang yang mempunyai  sikap tawakal akan senantiasa bersyukur jika mendapatkan suatu keberhasilan dari usahanya. Hal ini karena ia menyadari bahwa keberhasilan itu di dapatkan atas izin dan kehendak Allah. Sementara itu, jika mengalami kegagalan orang yang mempunyai sifat tawakal akan senantiasa merasa ikhlas menerima keadaan tersebut tanpa merasa putus asa dan larut dalam kesedihan karena ia menyadari bahwa segala keputusan allah pastilah terbaik.




















"pasrah"
  Sedangkan pasrah adalah suatu hal kegiatan menunggu tanpa melakukan apapun, tanpa di sertai doa dan usaha.

smoga bermanfaat.

22 komentar:

  1. mantap gan, ana jadi merasa tertampar baca artikel antum b-(

    BalasHapus
  2. Semoga kita selalu iktiyar tp jngan lp ama usahanya

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum wr wb...
    perkenalkan nama saya Abdul Hasim, mempunyai seorang istri dan 3 orang anak

    sebelumnya saya mohon maaf jika komentar yang saya berikan tidak ada hubungannya dengan tulisan saudara, karena disini saya hanya ingin mohon bantuan keikhlasan hati saudara untuk membantu saya yang saat ini sedang dalam kesulitan.
    adapun kesulitan yang saya alami yaitu saat ini saya sedang terlilit hutang yang harus segera saya bayar, baik itu ke bank, rentenir, kawan dan saudara.
    berawal dari niat ingin membuka peluang usaha maka saya dan istri mengajukan pinjaman ke bank BRI 100juta, setelah pinjaman kami dapatkan maka kami pun mulai usaha jualan kelontongan dirumah, awalnya semua berjalan normal dan tidak ada masalah, karena masih bisa dibantu dengan hasil saya bekerja sebagai karyawan diperusahaan, tetapi tidak disangka dan tidak kami duga, perusahaan tempat saya bekerja harus mengurangi karyawan karena prospek bisnis perusahaan kurang bagus, dan akhirnya saya menganggur, kurang lebih 2 tahun saya menganggur tanpa ada penghasilan, sementara pinjaman bank harus terus dibayar setiap bulan, dan biaya kehidupan sehari-hari juga harus saya penuhi apa lagi dengan 3 anak yang masih kecil-kecil, akhirnya modal jualan pun habis terpakai untuk membayar pinjaman dan biaya hidup, modal jualan habis sementara pinjaman belum lunas, akhirnya saya dan istri menggadaikan perhiasan, termasuk cincin kawin, belum juga mendapat pekerjaan akhirnya kendaraan juga ikut tergadai, dan seterusnya akhirnya pinjam kesaudara yang bisa membantu.
    sekarang saya sudah mendapatkan pekerjaan, yang berpenghasilan 5juta pebulan, dan kalau hanya untuk membayar hutang bank setiap bulannya saya sanggup dan bahkan ada yang bisa saya tabung untuk masa depan, tetapi yang jadi permasalah adalah, uang rentenir dan uang pegadaian yang sangat memberatkan saya, bahkan terkadang istri saya harus menangis tiap hari karena didatangi para penagih, saya tidak tega jika menerima telepon dari istri saya yang selalu enangis karena saya juga bekerja jauh dari anak dan istri saya.
    sebenarnya saya dan istri punya pemikiran ingin menjual rumah tempat kami tinggal, tetapi kebetulan rumah yang kami tempati juga kami dirikan sekolah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang juga awal pendirian sekolah tersebut dari uang pribadi kami, dan kepada anak didik kami tidak kami pungut bayaran, karena awal pendirian sekolah kami berniat ingin membantu warga yang ada disekitar kami yang sebagian besar pekerjaannya hanyalah petani biasa, dengan alasan itulah saya dan istri tidak menjual rumah walau keadaan kami sesulit apapun, karena kalau kami tetap menjual rumah bagaimana dengan nasib anak didik kami, apakah mereka kembali tidak mendapatkan pendidikan dimana setiap hari hanya ikut orang tua berkebun.
    untuk itu saya dan istri mohon sekiranya saudara dapat membantu saya melalu cobaan ini.

    saya dapat dihubungi di no.081346588712
    no rek BRI 450801004741531 an.KARTINA (istri saya)

    semoga Allah membalas kebaikan saudara


    Wassalam
    Abdul Hasim

    BalasHapus
  4. syukron tambahan ilmunya salam kenal ana admin

    http://www.kumpulankonsultasi.com/2013/02/makna-tawakkal.html

    BalasHapus
  5. yang jelas Allah Tidak Akan Memberikan Suatu Cobaan di Luar Batas Kemampuan Manusia

    BalasHapus
  6. mau ngadain acara tapi bingung mau ngasih souvenir apa ? Refiza souvenir menyediakan berbagai macam souvenir cantik seperti souvenir tasbih cantik, souvenir yasin dan tasbih , dan Buku doa menjelang perniakahan untuk pengajian sebelum pernikahan. mau tau selengkapnya ? cek katalog kita di www.refiza.com

    BalasHapus
  7. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika kamu
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgandebra1986@gmail.com
    Tuhan Memberkatimu.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com


    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus
  8. Sertakan selalu hati dan prasangka yang baik agar Allah membukakan hati kita untuk bisa menangkap jawaban dari setiap ikhtiar dan doa yang kita minta kepada Allah.

    #SemangatBerbagi

    BalasHapus
  9. Saya Mrs Mary Pemberi Pinjaman Pinjaman Pribadi, kami PADA memberikan Pinjaman Tingkat 2%
    Apakah Membutuhkan Pinjaman untuk review Anda Anda membayar Utang?
    Andari Bisnis untuk review Membutuhkan Pinjaman memulai,
    Pinjaman untuk review membayar Tagihan,
    Kami here for memberikan Pinjaman Dari Jangka Waktu apapun, hubungi Perusahaan Kami through Alamat:
    Maryharryloanfirm@gmail.com. Memberkati Tuhan.

    BalasHapus
  10. Apakah Anda perlu pinjaman itu?
    Apakah Anda mencari Keuangan?
    Apakah Anda mencari pinjaman untuk memperbesar bisnis Anda?
    Saya pikir Anda telah datang ke tempat yang tepat.
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga rendah.
    orang yang tertarik harus silahkan hubungi kami di
    Untuk tanggapan langsung ke aplikasi Anda, Kindly
    membalas email ini di bawah saja.
    (Zumaloans@mail.com atau zumaloans@gmail.com)

    Tolong, jangan memberikan kami informasi berikut jika Anda tertarik.
    1) Nama Lengkap: .........
    2) Jenis Kelamin: .........
    3) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .........
    4) Durasi Pinjaman: .........
    5) Negara: .......
    6) Alamat Rumah: .........
    7) Nomor HP: .........
    8) Pendapatan Bulanan: .....................
    9) Pekerjaan: ...........................
    ) Situs yang melakukan Anda di sini tentang kami .....................
    Terima kasih dan Salam.
    (Zumaloans@mail.com atau zumaloans@gmail.com)

    BalasHapus
  11. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum wr. Wb
    Salam sahabat, perkenalkan nama saya rully wicaksono. asal saya demak, niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,
    Bismillahirrahmanirrahim
    Percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya, 6 thn yang lalu. awalnya sy seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses,tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses, Bisnis saya bangkrut. saya punya anak dua dan mash kecil2, saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa2,.hutang di bank hampir 2m , diperongan jg yang kian menempuk + bunga, Bahkan rumah saya serta pabrik pun disita oleh bank. pada saat itu saya sempat putus asa dan saya sempat mau mengakhiri hidup,tapi setiap saya melihat anak semua putus asa saya hilang.
    Iktiar demi iktiar saya lakukan, tapi mengalami jalan buntu. Teman dan saudara semua menghindar, ya begitulah……dikala senang banyak uang bak gula dikerumini semut. Tersirat dalam hati, tersengkur didepan sajadah, dosa apa yang saya lakukan ya tuhan, padahal dikala sukses saya termasuk orang yg dermawan, suka membantu teman, tetangga dan keluarga. Larut dalam kesedihan, kesusahan dan penderitaan ….. Ya tuhan, saya baru sadar bahwa selama ini usaha dan bisnis saya didapati dari hasil uang riba yang saya putarkan.
    Bulan terus berganti tidak terasa sudah hampir 2 thn sy berusaha untuk bangkit, apapun pekerjaannya saya lakukan bahkan jadi kuli bangunan, istri jualan sayur dpasar yang penting halal Puasa senin kamis pun sy lakukan agar dimudah doa dan keinginan. Alhamdulillah, ujian itu berakhir, Tuhan memberikan hidayahnya kepada saya meski pun lewat bantuan seorang Kyai. Beliau membimbing ke jalan yang lurus, membenarkan langkah kaki saya yg selama ini salah arah dalam bisnis. Beliau mengajarkan doa2, yang sangat mujarab. Alhamdulillah juga beliau menyarankan saya untuk merintis usaha (Usaha yg beliau sarankan), usaha baru mulai dari nol walaupun harus sakit sakit dahulu. ALLAHUAKABAR, 7bln usaha br yg saya rintis maju pesat. doa saya di ijabah, berkat bimbingan beliau serta arahannya usaha saya sangat pesat berkembang, Alhamdulillah ya ALLAH. Saat menulis kisah ini saya sudah bangkit kembali dan bisa untuk membayar hutang hutang, rasa kepercayaan orang lain timbul kembali. Dan Alhamdulillah saya sekeluarga sudah berangkat umrah . Hanya ALLAH yang bisa membalas budi baik kyai, beliau membantu tanpa Pamrih.
    Doa tanpa usaha, adalah suatu kebodohan. Usaha tanpa doa adalah suatu KESOMBONGAN. Yakinlah saudara2ku tiada satu manusia yang lolos dari cobaan , godaan dan ujian. Allah menguji sesuai kadar manusia masing2.
    Yuk banyak dhuha, banyak tahajud banyak berbagi dan bersedekahlah karena dengan sedekah suatu saat sedekah itu akan menolong diri sendiri.
    Hutang tetaplah Hutang yang harus dilunasi, karena hutang akan dibawa sampai mati dan harus dipertanggungjawabkan kepada Allah swt.
    Wassalam, semoga menjadi inspirasi
    (rullywicaksono21@gmail.com)

    BalasHapus
  13. Dear Sir/Ma,

    We are genuine certified Financial Instrument providers. Presently, we only focus on BG/SBLC for Lease and purchase purposes. Our Lease BG/SBLC is 4+2% and purchase at 32+2%.

    * FOR LEASING OF BG/SBLC
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M
    LEASING FEE = 4%+2%

    * FOR PURCHASE OF FRESH CUT BG/SBLC
    PRICE = 32%+2%
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M

    Kindly contact us for our procedures and be sure that we shall respond within 48hrs maximum.

    Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved.
    Rafferty Vandor
    E-mail : raffertyvandor@gmail.com
    Skype id : raffertyvandor@gmail.com

    BalasHapus
  14. LOANS, BG/SBLC FOR LEASE AND PURCHASE

    We are exclusive agent to direct providers of Fresh Cut BG, SBLC, MTN Bonds, Bank draft and Loans which we have specifically for lease. We do not have any broker chain in this offer or get involved in Chauffer driven offers. We deliver with time and precision as set forth in the agreement. You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs as well as in signature project(s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges and any other turnkey project(s) etc.

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS:
    1. Instrument: Bank Guarantee (BG/SBLC) (Appendix A)
    2. Total Face Value: Eur 5M MIN and Eur 10B MAX (Ten Billion USD) .
    3. Issuing Bank: HSBC Bank London, Credit Suisse and Deutsche Bank Frankfurt.
    4. Age: One Year, One Month
    5. Leasing Price: 3% of Face Value plus 2% commission fees to brokers.
    6. Delivery: Bank to Bank swift.
    7. Payment: MT-103 or MT760
    8. Hard Copy: Bonded Courier within 7 banking days.

    The Leased Instruments includes: BG’ s, Insurance Guarantees, MTN, ( SBLC) Standby Letters of Credit and Third Party Guarantees such as a standby forward commitment to purchase or a standby loan. If you are a potential Investor or Principle looking to raise capital, we will be happy to answer any questions that you have about this opportunity and to provide you with all the details regarding this services.

    Our BG/ SBLC Financing can help you get your project funded, loan financing, please let me know if you are interested in any of our services, by providing you with yearly renewable leased bank instruments. We work directly with issuing bank lease providers, this Instrument can be monetized on your behalf for 100% funding.


    BROKERS ARE WELCOME & 100% PROTECTED!!!

    We are ready to close leasing with any interested client in few banking days, if interested do not hesitate to contact me direct.


    Regards

    Philip James
    Email: info.frjames1971@gmail.com
    Skype: info.frjames1971@gmail.com
    call/sms/whatsapp +14243316469

    BalasHapus
  15. Dear Sir/Ma,

    We are genuine certified Financial Instrument providers. Presently, we only focus on BG/SBLC for Lease and purchase purposes. Our Lease BG/SBLC is 4+2% and purchase at 32+2%.

    * FOR LEASING OF BG/SBLC
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M
    LEASING FEE = 4%+2%

    * FOR PURCHASE OF FRESH CUT BG/SBLC
    PRICE = 32%+2%
    MINIMUM FACE VALUE OF BG/SBLC = EUR/USD 1M

    Kindly contact us for our procedures and be sure that we shall respond within 48hrs maximum.

    Intermediaries/Consultants/Brokers are welcome to bring their clients and are 100% protected. In complete confidence, we will work together for the benefits of all parties involved.
    SL DEVELOPMENT
    E-mail : sldevelopmentslimited@gmail.com
    Skype id : sldevelopmentslimited@gmail.com

    BalasHapus

 
Toggle Footer